Minggu, 07 Maret 2010

Pedofilia, Sang Pemangsa Anak-Anak

Pedofilia (dari bahasa Yunani: paidophilia (παιδοφιλια)—pais (παις, "anak-anak") dan philia (φιλια, "cinta") adalah penyimpangan kepribadian seseorang yang memiliki ketertarikan atau hasrat seksual terhadap anak-anak yang belum memasuki masa remaja. Istilah ini seringkali ditujukan kepada orang-orang dewasa yang memiliki kondisi ini. Kadang istilah ini juga digunakan untuk merujuk kepada pelaku pelanggaran seksual terhadap anak-anak. Orang-orang yang mempunyai kondisi ini disebut pedofil (bahasa Inggris: pedophile). kaum ini kebanyakan karena traumatis dari kehidupan masa kecilnya yang juga pernah mengalami kekerasan sexual. Mungkin keadaan tersebut membuat kaum pedofil ini merasa trauma dan membuatnya merasa selalu ingin menghasratkan sexualnya dengan anak-anak. kaum pedofil ini tidak dapat kita tebak dengan mudah begitu saja, oleh sebab itu bagi para orang tua harus memperhatikan anak-anaknya secara benar dan hati-hati. Korban pelecehan seksual (sexual abuse), dengan anak-anak sebagai korban, terus berjatuhan. Kasus yang terungkap selalu merupakan puncaknya karena banyak kasus serupa tidak pernah terungkap.

Penangkapan Baekuni alias Babeh seperti menjadi sinyal betapa kasus kekerasan seksual pada anak sebenarnya terus tumbuh subur di Indonesia. Selain membunuh secara keji para korbannya, Babeh juga memiliki kebiasaan menyodomi anak-anak sehingga ia diindikasikan mengalami kelainan seksual, yakni pedofilia.

Begitulah agaknya perilaku yang ditunjukkan penderita pedofilia saat melihat anak kecil. Penderita pedofil langsung merasa terangsang secara seksual saat melihat kehadiran anak-anak di sekelilingnya.

Bila diamati, pedofilia di Indonesia kerap identik dengan bentuk perilaku sodomi. Akan tetapi, kalau dilihat lebih jauh, sebenarnya berbeda. Dari sisi medis, pedofilia adalah sejenis kelainan psikologis di mana penderitanya tertarik melakukan aktivitas seksual dengan anak-anak.


Wikipedia (pedofilia)
Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar