Sabtu, 15 Mei 2010

MANFAAT BUAH APEL

Apel dijuluki buah terlarang yang sensual,dan memiliki daya tarik tersendiri.Lebih dari itu apel memilik banyak manfaat bagi kesehatan,makanlah apel setiap hari maka tubuh akan terhindar dari penyakit,seperti pribahasa Inggris ‘an apple a day keeps the doctor away’.

Apa saja kandungan buah apel?dan manfaat apa yang bisa di peroleh dari sebuah apel:
1. kaya vitamin
beberapa vitamin yang terkandung dalam sebuah apel seperti vitamin A,Vitamin B1,vitamin B2 ,vitamin B3,Vitamin B5,vitamin B6,Vitamin B9 dan vitamin C
2. Zat Flafoid
Zat flafoid terbukti membantu menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50%.penelitian dari Cornell University di AS menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel dapat menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.
3. Boron
Kandungan Boron yang terkandung dalam buah apel membantu wanita mempertahaankan kadar hormone esterogen saat menepouse,dengan begitu mengurangi ganguan yang di sebabkan oleh ketidak seimbangan hormone seperti depresi,jantung,osteoporosis,dan juga kandungan buah apel melindungi tubuh dari virus flu.
4. Tanin
Zat tannin sangat baik untuk menjaga kesegaran mulut,kerusakan gigi,dan penyakit gusi.
5. Fitokimia
Buah apel juga mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar,zat ini juga berfungsi menekan jumlah kolesterol jahat ( LDL ) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembulu darah.
6. Asam tartar
Asam tartar dapat menyehatkan saluran pencernaan, karna zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran penceraan.
7. Serat
Apel kaya akan serat sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet,hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
8. Bermanfaat menghitamkan rambut.
1 buah apel manalagi diparut dan oleskan parutan tersebutke seluruh rambut sampai rata. Kemudian tutup rambut dengan handuk selama 5-7 jam. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa.

Waaaahhh…jadi tunggu apa lagi, perbanyaklah konsumsi apel paling tidak 1 buah sehari untuk hidup lebih sehat.selamat mencoba.

Diolah dari berbagai sumber :
wikipedia
thefastworld

Tidak ada komentar:

Posting Komentar