Jumat, 30 Maret 2012

Keuntungan dan Kerugian Open source

Open source adalah suatu program yang memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk menggunakan, mengembangkan bahkan dapat untuk mendistribusikan program komputer tersebut secara bebas dan gratis. Yang pasti tanpa harus membeli dan membayar royalty terhadap pembuat pertama program atau aplikasi. Nah, sekarang ada pendapat tentang open source tersebut, bila menurut David Wheeler, kalau secara umum program yang dinamakan open source software yaitu program yang lisensinya memberikan kebebasan kepada pegguna menjalankan program untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi tanpa harus membayar royalty kepada pengembang sebelumnya. Bila menurut Esther Dyson , open source software itu didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bisa dikembangkan secara gotong royong tanpa koordinasi resmi menggunakan kode program yang tersedia secara bebas dan serta didistribusikan melalui internet.
Nah biasa nya open source software itu identik dengan free software, tapi kita harus tau definisi free disini itu bukan berarti gratis tetapi disini berarti bebas. Bebas disini dapat kita uraikan nih menjadi empat, yaitu :
1. Kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa.
2. Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut dan bisa membuat membantu sesama.
3. Kebebasan untuk mempelajari bagaimana sih program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.
4. Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dengan tidak lupa juga untuk menyebarluaskan ke khalayak umum sehingga dapat menikmati keuntungannya.
Untuk pembuatan aplikasi, sebenarnya open source itu merupakan pilihan yang baik dikarenakan banyak keuntungan yang dapat diperoleh, antara lain :
1. Hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code
2. Hak untuk menggunakan software
3. Ketersedian source code dan hak untuk memodifikasi
4. Penyelamatan Devisa Negara
Dengan menggunakan solusi berbasis Open Source, maka dapat dilakukan penghematan devisa negara secara signifikan.Kemudian dana tersebut dapat dialokasikan ke usaha-usaha lain.
5. Legal
Penggunaan software Open Source akan menyebabkan tingkat pembajakan software menjadi turun drastic
6. Keamanan Negara atau Perusahaan
Pada tahun 1982 terjadi peledakan di uni soviet pada jalur pipa gas dan pada 16 tahun kemudian diketahui oleh public bahwa ledakan itu terjadi karena software tertutup yang dibuat oleh CIA.
Software Open Source bebas dari bahaya ini, karena bisa dilakukan audit terhadap kode programnya.
7. Keamanan Sistem
Virus, spyware, trojan, dan berbagai masalah keamanan lainnya, sudah akrab dengan banyak pengguna komputer. Pada topik keamanan sistem, satu buah lubang keamanan saja sudah cukup untuk menjadi jalan masuk penjahat.

Selain mempunyai keuntungan yang banyak, open source pun mempunyai kekurangannya nih, antara lain sebagai berikut ;

1. Tidak ada garansi dari pengembangan
2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
3. Kesulitan dalam mengetahui status project

sumber :
http://nyenyenk.blogspot.com/2008/12/keuntungan-dan-kerugian-dari-open.html
http://ezine.echo.or.id/ezine1/sedikit%20tentang%20Open%20source.txt

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai Open Source, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1169/1/50407311.pdf
    trimakasih

    BalasHapus